Website Resmi Desa Pangkalan Nyirih

Potensi Desa

Potensi Desa

1.1  Potensi

 

Berdasarkan pada Demografi, keadaan Sosial dan keadaan Ekonomi desa Pangkalan Nyirih maka potensi yang umum yang mungkin untuk di kembangkan antara lain :

  1. Sumber daya Manusia, sangat perlu dan mendesak untuk dicarikan upaya untuk peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan.
  2. Pertanian / Perkebunan Kelapa, melihat luas dan hasil panen kebun kelapa masyarakat maka sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi sentra penghasil kelapa dan Industri Pengolahan Kelapa di Kabupaten Bengkalis.
  3. Adanya pabrik di Desa Pangkalan Nyirih memungkinkan Desa Pangkalan Nyirih menjadi sentra industri hasil pertanian.
  4. Kekayaan hutan, bakau dan lain-lain perlu pengelolaan dan aturan dalam pemanfaatan.
  5. Rawa memungkinkan untuk pengembangan pembudidayaan ikan air tawar, udang dan ketam

 

2.2 Masalah

 

  1. Untuk Pengembangan Sumber daya Manusia, masalah yang di hadapi adalah kurangnya sarana prasarana pendidikan formal dan non formal, kurangnya gedung dan guru, fasilitas sekolah dan lain-lain.
  2. Untuk pengembangan Pertanian / Perkebunan masalah yang di hadapi adalah kurangnya keahlian petani, sarana prasarana pertanian, mesin / peralatan pengolahan hasil tani.
  3. Tidak adanya dermaga desa untuk empat kapal-kapal berlabuh sehingga tidak ada retribusi kapal-kapal yang bersandar di Pangkalan Nyirih untuk meningkatkan PADes dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pengembangan usaha perdagangan untuk meningkatkan ekspor kelapa.
  4. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pengolahan limbah kelapa untuk diolah menjadi barang jadi yang bernilai jual tinggi.
  5. Kerusakan Hutan Bakau yang mulai mengkuatirkan dan tidak adanya pengelolaan hutan  karena belum adanya peraturan Desa.
  6. Tidak adanya keahlian masyarakat tentang pembudidayaan ikan air tawar, udang dan ketam, tidak adanya modal masyarakat , tidak adanya sistem pengelolaan air pasang, dan tidak adanya penyediaan bibit ikan, udang dan ketam.